BUKU AJAR
SEMANTIK
BAHASA INDONESIA

Penulis:
Dra. Rut Caroline Paath, M.Hum.

Editor:
Kusnan, M.Pd.
Mukminin, M.Pd.

Desain dan Layout:
Embun Media
Allright reserved ©2023
Hak cipta dilindungi undang-undang pada penulis.

Cetakan Pertama, April 2023

Jumlah halaman:
xii + 132 : 14,5 x 21 cm

ISBN:

Diterbitkan:
CV. Kamila Press Lamongan
Jalan Ahmad Yani Ds. Tlanak RT.004/RW.003
Kec. Kedungprin.Lamongan 62272
Email: kamilapresslamongan24@yahoo.com
gusmukminin@gmail.com
WA: O813 3094 4498

Isi Buku:
SEMANTIK BAHASA INDONESIASemantik merupakan salah satu cabang linguitik yang berhubungan erat dengan ilmu-ilmu sosial, seperti sosiologi, antropologi bahkan filsafat dan psikhologi. Penyusunan Buku Ajar Semantik Bahasa Indonesia ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya materi ajar. Buku ini dikemas sedemikian rupa sesuai dengan cakupan Rencana Pembelajaran mata kuliah dengan makud untuk memperlengkapi mahasiswa dalam kajian makna Bahasa Indonesia.

Bahan materi dalam buku ajar ini diuraikan secara lugas, singkat, padat dan tuntas, yang meliputi: 1. Konsep Makna, mencakup pengertian semantic menurut para ahli, hakikat makna dan pembelajaran makna bahasa Indonesia. 2. Kajian Makna, mencakup pendekatan makna, aspek makna, tipe makna, stilistika dan majas. 3. Jenis-Jenis Makna, mencakup makna leksikal, gramatikal, denotative, konotatif, referensial, nonreferensial,konseptual, asosiatif, kata, istilah, idiom dan pribahasa, kognitif, emotif, konstruksi, idesional, proposisi, pictorial, 4. Relasi Makna mencakup sinonimi, antonimi (oposisi), homonimi, hiponimi, hipernimi, polisemi redudansiambiguitas, dan 5. Kategori Makna Gramatikal, mencakup kategori nomina, kategori verbal, kategori ajektiva dan kategori pendamping.

Tahap pelaksanaan pembelajaran diawali pendahuluan, penjelasan dosen, dilanjutkan dengan kajian materi secara mendalam melalui diskusi dan presentasi hasil kajian tiap kelompok, penutup rangkuman materi dan hasil diskusi kelompok, diakhiri dengan refleksi melalui tes formatif secara individu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *